1.Hubungi Lembaga atau Perusahaan yang Pernah Anda Kunjungi

Tentunya Anda memiliki pengalaman magang, praktek, penelitian, kunjungan, atau apapun dari berbagai lembaga atau perusahaan. Coba kontak mereka, siapa tahu ada yang sedang membutuhkan karyawan.

2.Jangan Malu Bertanya

Jangan malu bertanya kepada siapa saja mengenai info lowongan pekerjaan. Kalian semua pasti memiliki teman, jejaring, saudara, dan kolega. Minta mereka menghubungi Anda jika sewaktu-waktu tempat kerja mereka sedang membutuhkan tambahan karyawan. Anda harus tahu sebenarnya apa yang paling penting saat mencari kerja.

Hal yang paling penting ialah jangan pernah malu dengan kondisi Anda yang masih job seeker, karena itu hanya proses. Jika sudah diterima, tentu Anda merasakan keuntungannya.

3. Jangan Sungkan Berkenalan dengan Sesama Pencari Kerja

Jika Anda ingin tahu apa yang paling penting saat mencari kerja, salah satunya ya tidak sungkan membangun kenalan pada sesama pencari kerja. Sesama pencari kerja tentunya akan banyak memberimu informasi lowongan. Merasa senasib sepenanggungan, akan banyak informasi dan motivasi dari para job seeker yang sudah kamu kenal.

4. Rajin Membaca Koran

Koran salah satu media yang paling cepat untuk mendapatkan infomasi pekerjaan. Jika Anda membeli Koran, beri tanda pada bagian yang Anda sukai dan tertarik untuk dilamar pekerjaannya. Sebar lamaran yang sudah Anda pilih, jangan hanya menggantungkan panggilan kerja dari satu atau dua perusahaan saja.

5. Aktif Membaca Informasi di Internet

Search semua website lowongan pekerjaan, buat list daftar lowongan yang akan Anda lamar. Manfaatkan situs pencari kerja yang langsung menghubungkan Anda pada perusahaan. Ikuti berbagai pendaftaran online dari berbagai lembaga di Indonesia. Manfaatkan media sosial untuk menggali banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan.

6. Buatlah Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Buatlah surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Cari berbagai contohnya di internet. Jangan sampai informasi yang Anda berikan tidak benar. Surat lamaran pekerjaan merupakan halaman pertama yang akan dibaca oleh HRD atau panitia rekrutmen pekerjaan, sehingga harus menarik, jelas, dan benar. Terutama penulisan nomor handphone yang bisa dihubungi. Sehingga sewaktu-waktu Anda dihubungi, tentunya Anda siap.

7. Buatlah Curriculum Vitae yang Menarik

Buatlah CV atau daftar riwayat hidup yang menarik. Berikan informasi sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Jangan sampai Anda memberikan data yang salah karena akan berdampak pada kelanjutan proses pekerjaan Anda.

Cara membuat Curriculum Vitae / Resume Menarik

8. Selalu Aktifkan Handphone dan Email

Jika Anda sudah banyak menyebar lamaran pekerjaan. Pastikan handphone Anda selalu aktif, sehingga ketika ada banyak perusahaan yang menghubungi Anda, tidak akan pernah terlewatkan satu kali pun. Pastikan android Anda tersinkronisasi dengan email. Banyak informasi lowongan pekerjaan yang Anda daftar beserta kelanjutan pendaftaran Anda yang dikirim melalui email.

9. Jangan Terlalu Pilih-pilih Pekerjaan

Semua orang tentunya ingin mendapatkan pekerjaan di tempat yang benefit. Tapi sebenarnya tahukah Anda tentang apa yang paling penting saat mencari kerja? Satu hal yang paling penting ialah saat Anda memilih perusahaan yang akan Anda lamar. Jangan hanya melulu idealis untuk mendaftar pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang Anda.

Jika Anda cepat tanggap untuk menerima pekerjaan yang Anda lamar, setidaknya itu dapat membuat Anda memiliki riwayat pengalaman pekerjaan dan menghindarkan diri Anda dari kata “menganggur”.

Dari sekian hal yang harus Anda lakukan saat mencari pekerjaan, yang tidak kalah penting dan utama ialah berdoa. Imbangi semua usaha dengan berdoa. Pasti Anda bisa!

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Uncategorized

Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Melalui Job Fair

Mengunjungi job fair akan memberi Anda banyak kesempatan untuk menemukan sebuah pekerjaan yang tepat. Job fair akan mempertemukan banyak perusahaan dengan para pencari lowongan pekerjaan, di mana pada pameran ini biasanya akan ada banyak perusahaan Read more…

Uncategorized

10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

Melamar pekerjaan bukanlah perkara yang bisa dilalui dengan mudah. Kamu harus mempersiapkan banyak hal agar kemungkinan diterimanya besar. Dalam melamar pekerjaan, ijazah saja tidak akan cukup. Nilai-nilai yang tampil dalam transkrip pun tak akan membantu Read more…

Uncategorized

Cari Kerja Semudah Membalikkan Tangan dengan 7 Cara Ini

    Selama ini, banyak orang yang mengeluh kalau mencari kerja itu sulit. Karenanya, banyak orang yang menganggur bertahun-tahun setelah lulus dari kuliah. Mencoba melamar ke sana ke mari pun sudah. Mungkin, mereka belum tahu rahasianya Read more…

Read more:
Mengapa Anda Berhenti dari Pekerjaan Terdahulu?

Tips Mengatasi Stres Di Kantor

Cara membuat Curriculum Vitae / Resume Menarik

Close