Saat interview kerja, pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan oleh pewawancara?

Agar dapat mempersiapkan diri dengan jawaban yang baik, Gajimu memaparkan tips menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview kerja.

Anda sudah membaca artikel mengenai Kiat lolos interview kerja? Jika sudah, sekarang kita membahas soal pertanyaan yang biasa ditanyakan pada saat interview kerja yuk..agar Anda bisa mempersiapkan jawaban anda dari sekarang.

  1. Ceritakan mengenai diri Anda

Ini merupakan pertanyaan yang selalu ditanyakan pada saat interview kerja.Anda dapat menceritakan mengenai pekerjaan yang sudah pernah Anda lakukan dan apa saja pengalaman kerja yang Anda dapatkan dari pekerjaan terdahulu.

  1. Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini dan memilih posisi ini?

Sebelum interview, Anda sudah harus mengetahui latar belakang dari perusahaan yang dituju. Hal tersebut pasti akan memudahkan Anda untuk menjawab. Dan bicarakan mengenai pengalaman kerja Anda dalam posisi yang Anda inginkan.

  1. Mengapa Anda pindah dari pekerjaan anda sebelumnya?

Tetap senyum dan positif dalam menjawab pertanyaan. Jangan pernah berbicara buruk mengenai supervisor, rekan kerja dan perusahaan. Kemukakan alasan positif untuk meninggalkan pekerjaan sebelumnya seperti : peluang karir yang lebih baik, kesempatan untuk mencoba hal yang baru, etc.

  1. Apa kekuatan/keahlian yang Anda miliki sehingga membuat kami mau menggaji Anda?

Tunjukan bahwa Anda memiliki keahlian penting yang dibutuhkan oleh perusahaan. Contoh: Keahlian dalam berbahasa asing, keahlian untuk bekerja di bawah tekanan tinggi, keahlian dalam memimpin, keahlian dalam memecahkan masalah, etc.

  1. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Sebaiknya Anda tidak langsung menyebutkan nominal yang Anda inginkan. Coba balik bertanya pada pewawancara, “Berapa rentang gaji yang biasa diberikan untuk posisi ini?”. Nah, dari jawaban yang diberikan pewawancara inilah, kita bisa melakukan negosiasi gaji.

Tidak ada salahnya juga apabila Anda mencari tahu lebih dahulu mengenai gaji di posisi yang sama dengan kualifikasi (tingkat pendidikan, pengalaman kerja) yang kita punya sebelum interview. Anda bisa menemukan fasilitas Cek Gaji di Gajimu. Hasil dari Cek Gaji bisa Anda cetak dan gunakan sebagai alat pembantu dalam proses negosiasi gaji.

 

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Uncategorized

Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Melalui Job Fair

Mengunjungi job fair akan memberi Anda banyak kesempatan untuk menemukan sebuah pekerjaan yang tepat. Job fair akan mempertemukan banyak perusahaan dengan para pencari lowongan pekerjaan, di mana pada pameran ini biasanya akan ada banyak perusahaan Read more…

Uncategorized

10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

Melamar pekerjaan bukanlah perkara yang bisa dilalui dengan mudah. Kamu harus mempersiapkan banyak hal agar kemungkinan diterimanya besar. Dalam melamar pekerjaan, ijazah saja tidak akan cukup. Nilai-nilai yang tampil dalam transkrip pun tak akan membantu Read more…

Uncategorized

Cari Kerja Semudah Membalikkan Tangan dengan 7 Cara Ini

    Selama ini, banyak orang yang mengeluh kalau mencari kerja itu sulit. Karenanya, banyak orang yang menganggur bertahun-tahun setelah lulus dari kuliah. Mencoba melamar ke sana ke mari pun sudah. Mungkin, mereka belum tahu rahasianya Read more…

Read more:
ANDA INGIN SUKSES ? LAKUKAN TIPS INI

Cara membuat Curriculum Vitae / Resume Menarik

Tips Mengatasi Stres Di Kantor

Close