Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Melalui Job Fair

Mengunjungi job fair akan memberi Anda banyak kesempatan untuk menemukan sebuah pekerjaan yang tepat. Job fair akan mempertemukan banyak perusahaan dengan para pencari lowongan pekerjaan, di mana pada pameran ini biasanya akan ada banyak perusahaan besar yang membuka lowongan.

Dalam sebuah job fair Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk menemukan beragam perusahaan dan Anda dengan mudah bisa melamar di sana. Hal ini akan jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan mendatangi satu persatu perusahaan dan memasukkan lamaran secara langsung ke kantor mereka atau bahkan mengirimkan satu persatu lamaran tersebut melalui layanan pos. Selain hemat waktu dan tenaga, hal ini juga akan menghemat banyak biaya.

Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Melalui Job Fair :

1. Cari Informasi yang Akurat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai gelaran job fair di kotamu. Ini bisa Anda temukan melalui iklan koran, internet, milis pencari kerja atau milis yang dimiliki oleh universitas tertentu yang selalu update mengenai lowongan pekerjaan. Anda juga bisa mencari tahu kira-kira perusahaan mana saja yang akan turut serta di sana, sehingga Anda bisa mencari berbagai informasi terkait dengan perusahaan-perusahaan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memilih dan membuat gambaran awal mengenai perusahaan mana saja yang akan Anda lamar nantinya. Berbagai informasi ini akan membuat Anda lebih selektif dan memiliki waktu yang cukup untuk mempertimbangkan untuk melamar di perusahaan mana saja.

2. Persiapkan CV Terbaik

Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu hal yang menentukan berhasil tidaknya lamaran Anda, karena itu jangan pernah malas untuk membuat dan mempersiapkan CV dengan sebaik mungkin. Buatlah sebuah CV yang memang benar-benar bisa mewakili diri Anda, dan memiliki kriteria CV yang semestinya. Jangan berlebihan dan membuatnya dalam beberapa halaman yang panjang, pastikan CV tersebut tidak lebih dari 3 halaman saja. Periksa semua halaman dengan baik, hindari berbagai kesalahan penulisan dan juga tanda baca yang tidak perlu di sana.

Selain yang sudah dicetak, persiapkan juga CV dalam bentuk softcopy. Hal ini akan mempermudah Anda untuk memcetak kembali di warnet terdekat, jika sewaktu-waktu Anda kehabisan lamaran yang sudah tercetak. Ini juga bisa Anda jadikan sebagai pegangan, siapa tahu pihak perusahaan memang meminta Anda memasukan lamaran dalam bentuk email ke website mereka, jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi mempersiapkannya, bukan?

3. Siap untuk Wawancara

Tidak perlu khawatir dan terlalu gugup, meskipun Anda akan menjalani beberapa sesi wawancara sekaligus dalam sehari. Itulah keunikan job fair, di mana Anda dituntut untuk bisa siap dan mampu menghadapi wawancara langsung di dalamnya.

Pikirkan saja beberapa pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pewawancara di sana, lalu mulailah memikirkan kira-kira apa saja jawaban yang akan Anda berikan nantinya. Jangan terlalu berpikir keras, sebab hal itu justru bisa membuat Anda menjadi gugup dan tidak fokus pada sesi wawancara yang akan Anda hadapi nanti. Bersikap sedikit santai dan percaya diri akan sangat membantu.

4. Bawa Perlengkapan Pendukung

Jangan lupa untuk membawa serta beberapa perlengkapan pendukung yang akan Anda butuhkan selama mengikuti job fair. Ini sangat penting, sebab bisa saja Anda mengalami kesulitan karena meninggalkan alat tulis atau flash disk Anda di rumah. Beberapa peralatan yang wajib Anda bawa, antara lain: pulpen, kertas, flash disk berisi softcopy CV Anda, laptop dan berbagai peralatan lainnya yang Anda anggap perlu.

5. Istirahat yang Cukup

Jangan menghabiskan waktu yang terlalu banyak untuk memikirkan job fair yang akan Anda hadiri keesokan hari, sebab Anda harus beristirahat dengan cukup, terutama di malam sebelumnya. Jika Anda bagadang dan kurang tidur, maka kondisi badan Anda tidak akan fit, mood Anda mungkin saja buruk keesokan harinya, dan sudah tentu wajah Anda juga tidak fresh. Ini bukan tampilan yang cocok untuk sebuah sesi wawancara kerja, sebab bisa saja Anda mengantuk dan melantur ketika menjawab pertanyaan dari pewawancara di sana.

Istirahatlah yang cukup di malam harinya, agar Anda fit dan fresh menghadapi job fair yang mungkin akan berlangsung sepanjang esok harinya. Jangan lupa untuk sarapan di pagi hari, agar tubuh dan juga pikiranmu bisa bekerja dengan maksimal selama berada di job fair tersebut.

6. Penampilan yang Baik

Ada banyak perusahaan yang akan melakukan sesi wawancara langsung di job fair, artinya sangat besar kemungkinan Anda untuk langsung menjalani wawancara di sana. Pastikan Anda datang dengan penampilan yang baik dan sesuai dengan yang semestinya. Datanglah dalam keadaan rapi selayaknya orang bekerja kantoran, sehingga Anda memang menunjukkan bahwa Anda benar-benar siap untuk bekerja pada perusahaan yang Anda lamar di sana.

7. Bersikap Ramah pada Pengunjung Lain

 

Job fair bukan arena perang, meski Anda menemukan banyak saingan di sana. Jangan memasang wajah yang tidak ramah dan tidak menyenangkan kepada pengunjung lain yang Anda temui nanti. Bersikaplah santai dan bersahabat, sehingga Anda dan orang-orang di sekitar Anda menjadi nyaman dan senang.

8. Siapkan Mental dan Fisik yang Baik

Job fair menjadi sebuah ajang pertemuan banyak perusahaan dengan para calon pekerja yang mereka butuhkan, jadi tidak ada salahnya Anda mendatanginya untuk menemukan pekerjaan yang tepat. Siapkan mental dan juga fisik Anda ketika mendatangi job fair, tunjukkan bahwa Anda memang siap untuk berkompetisi dalam mencari sebuah pekerjaan. Dengan penampilan baik dan kemampuan yang baik juga, Anda akan menemukan sebuah pekerjaan yang tepat di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *