Apakah itu Walk Interview? jika anda sering browsing, melihat pengumuman lowongan kerja di Internetmaupun di Media Cetak seperti koran dan majalah, anda akan menjumpai beberapa lowongan yang bertuliskan ” Walk In Interview ”
Apakah perbedaan lowongan seperti ini dengan yang biasanya ? Ya tentu jelas berbeda. Jika anda menemui loker seperti itu, Artinya ketika anda melamar pekerjaan Tak perlu menunggu datangnya surat panggilan kerja ataupun telepon/sms dari pihak Perusahaan ( Personalia / HRD ). Dalam walk in interview Andalah yang harus proaktif ‘menjemput bola‘.

Walk in interview merupakan jenis wawancara yang biasanya dilakukan bila posisi yang ingin diisi dalam lowongan kerja yang dibutuhkan dan jumlah pelamarnya cukup besar. Proses wawancaraatau perekrutan terkadang dilakukan saat ada bursa kerja / job fair. Pada dasarnya menjalani walk ini interview sama saja dengan wawancara biasa. Jadi Anda datang melamar, maka saat itu juga anda akan menjalani Tes Wawancara tanpa menunggu panggilan. Untuk itu anda harus siap secara maksimal karena Anda langsung berhadapan pewawancara saat melamar.

Tips dan Persiapan Jika Ada Walk In Interview 

Ini adalah bagian penting yang harus anda ketahui agar persiapan anda lebih matang dalam menghadapi Interview / wawancara langsung. Karena seperti yang sedikit di kupas di atas tadi, bahwa jika perusahaan menggunakan sistem seperti ini dalam rekrutmen karyawan baru, tentu jumlah posisi dan Pelamar Kerja sangat besar. Secara otomatis persaingan pun sangat ketat. Hanya yang terbaiklah yang akan lulus.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk lulus tes Wawancara ini :

  1. Teliti Iklan, Sebelum membuat lamaran, Anda perlu meneliti iklan lowongan kerjanya, apakah bidang kerja dan posisi yang ditawarkan sesuai dengan membuang-buang tenaga dan waktu. Pastikan juga tempatnya representatif dan perusahaannya jelas.
  2. Resume dan CV, Setelah yakin bahwa lowongan tersebut memang sesuai dengan Anda, buatlah resume dan CV yang menarik dan lengkap, karena resume dan CV Anda langsung dibaca saat itu juga. Ketik dengan komputer dengan huruf yang mudah dibaca. Kemudian cetak resume dan CV di atas kertas yang bersih dan tidak keriting. Hindari membawa CV fotokopi karena Anda akan dinilai tidak serius.
  3. Penampilan Prima, Perhatikan penampilan Anda secara keseluruhan. Karena impresi pertama pewawancara sangat menentukan keberhasilan walk in interview Anda. Pilihlah busana yang paling sesuai dan sopan. Pastikan penampilan Anda rapi, bersih, cantik dan layak untuk menghadiri wawancara.
  4. Alat Tulis, Bawalah alat tulis dan notes karena siapa tahu diperlukan saat wawancara. Kesiapan Anda menghadipi interview juga mendapat penilaian tersendiri. Jangan sampai Anda harus meminjam alat tulis pada pewawancara.
  5. Data Pendukung, Sehari sebelum berangkat, pahami dulu lingkup kerja yang ditawarkan. Jangan sampai Anda datang ke sana masih bertanya soal posisi yang ditawarkan. Misal, jika posisi yang Anda lamar marketing, coba pelajari beberapa hal yang berkaitan dengan dunia marketing.
  6. Menjawab Taktis, Jawab semua pertanyaan dengan penuh percaya diri, jujur dan bersahabat, tapi tidak berlebihan. Jangan ragu menjawab jika Anda diminta untuk memberi penjelasan lebih terperinci. Manfaatkan kesempatan untuk bertanya jika pewawancara mempersilakan Anda. Jangan ragu bertanya hal-hal yang belum jelas misal bertanya kapan hasil interview akan dikabarkan.
  7. Kesan Positif, Selesai wawancara ucapkan terima kasih dan berikan jabatan tangan yang paling hangat. Berikan kesan positif saat meninggalkan ruangan. Jika dalam waktu yang dijanjikan pewawancara belum menghubungi Anda, teleponlah pewawancara dan tanyakan hasilnya.
  8. Tepat Waktu, Kalau perlu Anda sudah tiba satu jam sebelum proses dimulai. Anda jadi punya kesempatan mempelajari suasana, menenangkan diri dan mempersiapkan segala sesuatunya. Datang lebih awal juga membuat Anda tidak perlu menunggu terlalu lama, mengingat pelamar yang datang ke walk in interview biasanya banyak.
  9. Wajah Optimis Tampilkan wajah penuh percaya diri, cerah ceria dan optimis. Jangan sekali pun menampakkan wajah kusam nan sendu di depan pewawancara. Karena tidak ada satu perusahaan pun yang mau mempekerjakan orang yang gampang putus asa. Tunjukkan keoptimisan Anda dengan menjabat tangan pewawancara secara mantap dan tatapan mata hangat.

    Source : kompas.com

 

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Uncategorized

Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Melalui Job Fair

Mengunjungi job fair akan memberi Anda banyak kesempatan untuk menemukan sebuah pekerjaan yang tepat. Job fair akan mempertemukan banyak perusahaan dengan para pencari lowongan pekerjaan, di mana pada pameran ini biasanya akan ada banyak perusahaan Read more…

Uncategorized

10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

Melamar pekerjaan bukanlah perkara yang bisa dilalui dengan mudah. Kamu harus mempersiapkan banyak hal agar kemungkinan diterimanya besar. Dalam melamar pekerjaan, ijazah saja tidak akan cukup. Nilai-nilai yang tampil dalam transkrip pun tak akan membantu Read more…

Uncategorized

Cari Kerja Semudah Membalikkan Tangan dengan 7 Cara Ini

    Selama ini, banyak orang yang mengeluh kalau mencari kerja itu sulit. Karenanya, banyak orang yang menganggur bertahun-tahun setelah lulus dari kuliah. Mencoba melamar ke sana ke mari pun sudah. Mungkin, mereka belum tahu rahasianya Read more…

Read more:
Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Melalui Job Fair

Cara Ampuh Agar Diterima Kerja

Tips Mengatasi Stres Di Kantor

Close